SISTEM INSENTIF

Tujuan utama dari pemberian insentif adalah tidak lain untuk meningkatkan dan menjaga motivasi pekerja dalam kaitannya dengan upaya meningkatkan produktivitas kerjanya.

Beberapa faktor lain meskipun tidak lazim dipakai sebagai dasar penetapan intensif kerja, tetapi kemungkkinan akan tetap diaplikasikan, yaitu :
Pendayagunaan fasilitas kerja
Pemanfaatan sebesar besarnya material dan menekan skrap/waste
Penghematan pemakaian energi
Peningkatan kualitas output kerja dan menghindari cacat
Tata cara pembayaran upah dan insentif kerja, ada beberapa metode yang umum diaplikasikan, yaitu :
-Mooted pembayaran upah berdasarkan hasil kerja(daywork dan measured daywork).
Dengan metode ini tidak dikenak adanya pemberian insentif langsung, pekerja dibayar menurut upah dasar yang tergantung pada jam kerja dan besarnya ditentukan berdasarkan evaluasi pekerjaan dean tidak peduli efisiensi yang dicapai.
-Metode berdasarkan unit periodik yang dihasilkan(piece work incentive).
pemberian insentif dengan cara ini jelas akan memenuhi konsep “operator is bussines of himself”, pada metode ini segala sesuatunya dike,balikan pada ide dasar pembayaran upah, yaitu semua pembayaran upah operator secara langsung terkait proporsional dengan unit output kerja yang dihasilkan.
-Metode berdasarkan jam kerja standar yang dicapai(standar hour incentive).
metode ini dirasakan jauh berbeda dibandingkan dengan metode “piece work incentive” yaitu adanya jaminan kepada pekerja untuk tetap memperoleh upah dasar pada suatu tingkat output kerja tertentu dan pemberian insentif untuk performance yang bisa melampaui standar kerja tersebut. Perbedaan pokok, pada metode ini akan memberikan upah kerja berdasarkan jam kerja yang dicapai bukan pada output kerjanya.
-Metode berdasarkan prestasi kerja kelompok(group incentive).
dengan metode ini pemberian insentif akan didasarkan pada seluruh output yang dihasilkan oleh kelompok, disini output kelompok bisa diukur dengan berbagai macam cara, sebagai contoh insentif kelompok dalam hal ini bisa dibayarkan menurut jumlah output produksi yang dihasilkan kelompok.

0 comments: