EFEKTIFITAS ORGANISASI “Assessing organizational effectiveness”

Contoh Makalah Leadership mengenai EFEKTIFITAS ORGANISASI “Assessing organizational effectiveness”

Secara umum, dikenal dua konsep utama mengukur keberhasilan dan kinerja suatu organisasi, yaitu efisiensi dan efektifitas. Menurut terminology, efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Sedangkan secara matematis, efisiensi adalah rasio antara input dengan output. Suatu organisasi yang efisien berarti organisasi yang dapat mencapai output yang tinggi (bisa berupa hasil, produktifitas, kinerja) melalui masukan-masukan input (tenaga kerja, uang, bahan baku, mesin, dan sumber daya lain). Jadi efisien bisa berarti pula memaksimalkan output dengan input yang seminimal mungkin. Sedangkan efektifitas adalah kemampuan untuk mendapatkan metode atau cara bekerja yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi. Menurut pendapat Peter F Drucker (managing for result, herper &row, new York, 1964, page 5) : efficiency is doing the things right atau melakukan pekerjaan dengan benar. Sedangkan effectivity is doing the right things atau melakukan pekerjaan dengan benar.
Bagi suatu organisasi, secara umum hal ini diartikan bahwa organisasi harus memusatkan perhatian agar dapat menemukan cara/metode pekerjaan yang benar, dan mengerjakan pekerjaan tersebut secara benar, melalui sumber daya yang dimilikinya agar perusahaan dapat berjalan dengan baik.
Konsep efisiensi lebih banyak mengambil ukuran-ukuran y6ang bersufat kuantitatif, sedangkan sebagaimana diketahui, operasi perusahaan tidak hanya mencakup hal-hal yang semata-mata diukur secara kuantitatif. Oleh karena itu, topic keberhasilan sebuah organisasi lebih tepat dijelaskan melalui konsep keefektifan organisasi. Meskipun pengertian yang umum diterima sebagai konsep efektifitas adalah seperti definisi dari drucker diatas, namun sesungguhnyabelum ada satupun criteria yang mampu menjelaskan konsep keefektifan organisasi tersebut dalam tataran operasional secara mutlak. Untuk itu diajukan empat pendekatan untuk menetapkan dan mengukur keefektifan organisasi, yaitu pendekatan pencapaian tujuan, pendekatan system, pendekatan konstituensi-strategis, dan pendekatan nilai bersaing.

Selanjutnya silahkan download Contoh Makalah Leadership mengenai EFEKTIFITAS ORGANISASI

1 comments:

sangat menarik, terima kasih