CONTOH PERANCANGAN ORGANISASI (PT. ASTRA INTERNASIONAL DSO)

PENDAHULUAN
Latar Belakang

Organisasi merupakan kumpulan dua orang atau lebih yang terikat dalam suatu kesatuan, yang mempergunakan sarana/prasarana/sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Organisai mempunyai arti penting dan memberikan dasar bagi perencanaan, pengorganisasian, motivasi dan pengendalian. Tanpa tujuan dan komunikasi yang efektif tentang tujuan tersebut, perilaku dalam organisasi dapat tersesat ke arah yang berlainan. Tujuan organisasi harus dijadikan panduan oleh pimpinan dalam kegiatan sehari-hari.

Maka struktur keorganisasian (organizational structure) dapat dirumuskan sebagai pengaturan antar hubungan bagian-bagian komponen dan posisi-posisi suatu perusahaan. Struktur organisasi dibuat dengan tujuan untuk dapat mengakomodasikan adanya perkembangan kegiatan, fasilitas organisasi serta tenaga kerja yang ada. dalam setiap pekerjaan akan muncul pembagian kerja. Setiap pembagian kerja akan muncul koordinasi kerja dan setiap koordinasi kerja akan timbul pembagian kekuasaan. Dengan demikian, secara filosofis struktur orgaisasi tidak lain adalah 'cetak biru' atau 'Kerangka bangunan' formal tentang pembagian kerja (division of work) dan pembagian kekuasaan (division of authority) serta koordinasi kerja yang memungkinkan terjadinya aliran informasi dan komunikasi yang efisien dan proses pengambilan keputusan yang cepat.

Pola ini biasanya digunakan sebagai petunjuk utama dalam membuat keputusan dalam hal seleksi dan pengelompokan komponen struktur (Karyawan, fasilitas fisik, tanggung jawab, authority, serta accountability). Dengan anggapan ini maka struktur organisasi tersebut dapat dikatakan sebagai "wadah dari pada tubuh organisasi" Seperti yang diterangkan oleh (Hodge & Anthony dalam Organization Theory 1988, hal 17) dan ditegaskan pula oleh (Arman, Zuikifli 1994).

selanjutnya silahkan download CONTOH PERANCANGAN ORGANISASI (PT. ASTRA INTERNASIONAL DSO)

0 comments: